SELAMAT DATANG DI BLOG QUICK LAUNDRY SATUAN DAN KILOAN

Sabtu, 28 Januari 2012

Dry Cleaning Menggunakan Tumble Dry

Dry Cleaning Menggunakan Mesin Dryer



Bagi anda yang memiliki mesin pengering (dryer), anda bisa melakukan Dry Cleaning tanpa menggunakan mesin dry cleaning khusus. Tehnik ini pada dasarnya adalah untuk mendry clean pakaian sekaligus dengan menggunakan produk khusus yg dijual dipasaran yg dikenal dengan nama dry cleaning sheet.

Produk dry cleaning sheet yg bisa anda temukan di pasaran adalah seperti ini:


Cara kerja dry cleaning sheet:

Dalam penggunaanya, dry cleaning sheet ini dimasukan kedalam mesin dryer (tumble dryer) beserta pakaian yang akan di dry cleaning. Saat mesin dryer bekerja, maka dry cleaning sheet akan bercampur aduk dengan pakaian dan kimia (chemical) yg terkandung didalamnya akan tersebar dan bekerja untuk mengangkat kotoran yg ada didalam pakaian.



Namun, proses ini biasa dilakukan pada rumah tangga alias biasanya dilakukan sendiri untuk dirumah.
Lalu bagaimanakah cara mendry clean menggunakan mesin dryer untuk laundry?
Singkat cerita, produk kimia laundry untuk dry cleaning yg ada dipasaran umumnya adalah PCE (Perchloroethene). Nah produk ini bisa digunakan dalam dry cleaning menggunakan mesin dryer. Cara applikasinya sangat mirip dengan penggunaan dry cleaning sheet yang kita bicarakan diatas.
Cara dry cleaning menggunakan tumble dryer yaitu:

Potong-potong kain tebal ukuran 10 x 10 cm dan basahi kain tebal tersebut dengan kimia laundry PCE. (ini seperti membuat dry cleaning sheet sendiri).

Masukan pakaian yang akan di dry cleaning ke mesin dryer.
Masukan 2-3 lembar kain tebal yang sudah di basahi dengan PCE ke mesin dryer.
Atur temperatur pada suhu rendah (low heat – medium heat) dan putaran mesin sesuai bahan pakaian yang akan di dry cleaning. Lakukan dry clean ini selama (5-15 menit).
Keluarkan pakaian setelah proses dry cleaning ini selesai dan gantung di hanger.
Gunakan steamer untuk melicinkan dan merapikan pakaian yg telah di dry clean.
Tambahan: Untuk pakaian yang bernoda berat sebaiknya tidak diikut sertakan dalam proses dry cleaning tumble dry ini agar tidak terjadinya penyebaran noda di pakaian lain. Untuk noda yang membandel anda bisa melakukan spotting terlebih dahulu menggunakan kimia khusus spotter dry clean sebelum anda mendry cleaning.

Safety / Keamanan:

Kimia laundry dry clean Perchloroethene (PCE) adalah bahan yang keras. Hati-hati menggunakannya agar tidak terkena mata atau kulit dan bagian sensitif lainnya, baca artikel tentang Perchloroethene/PCE/ Trichloroethylene > Disini
Pakailah sarung tangan tebal dan masker setiap kali anda menggunakan/menyemprot cairan PCE ke kain tebal yg akan digunakan sebagai dry cleaning sheet.
Tidak semua pakaian bisa di dry clean seperti ini. Bacalah label pada pakaian apakah boleh di tumble dry atau tidak.

Hati-hati dengan pakaian yg mudah rusak, karena proses tumble drying (pengeringan dengan mesin pengering) bisa menyebabkan fisik pakaian seperti berbulu, mengkerut dan rusak
Begitulah cara mendry clean menggunakan tumble dry. Cara ini adalah salah satu tehnik dry clean paket hemat. Semoga membantu anda yang ingin membuka usaha dry clean.

Salam,
InfoLaundry.Com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar